Blog BLOG » TUTORIAL


Perbedaan Software Anti-Virus dengan Internet Security

Perbedaan Software Anti-Virus dengan Internet Security

Jika anda menggunakan komputer dengan Sistem Operasi Windows, maka pasti sudah kenal dengan Anti Virus. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui arti dari Virus Komputer. Sumber Wikipedia menuliskan bahwa "Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali". Jadi software Anti Virus adalah software yang dibuat untuk mencegah agar aktifitas tersebut tidak bisa dilakukan. Lalu, bagaimana kita bisa mengenali virus di komputer kita? Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari virus komputer:

  1. Menyamar sebagai program atau dokumen yang ada di Windows.
  2. Mematikan beberapa fungsi windows. Program sering dikunci adalah Task manager, CMD, Regedit, Run, folder Option, Msconfig.
  3. Memiliki ekstensi (.exe; .sys; .scr; .com; .vbs ;.bat).
  4. Menuliskan banyak string-string pada registry.
  5. Membuat file induk yang disimpan di folderny Windows contoh [C:Windows], [C:Windowssystem32], [C:Windowssystem].


Oleh karena itu, berhati-hatilah saat anda menemukan file atau folder yang terlihat asing bagi anda. Lalu, apa yang dimaksud dengan Internet Security? Internet Security merupakan program pelindung komputer jaringan baik server atau client dari serangan pihak-pihak yang tidak memiliki otoritas seperti hacker, virus, spyware, adware, trojan, malware, spam dan berbagai program jahat lain yang bertujuan untuk mengambil alih otoritas administrator. Internet security didesain seperti anti virus, anti spyware, anti spam, anti malware, firewall, parental control, dll namun dengan kemampuan yang lebih lengkap dan menyeluruh.

Nah, jadi sekarang kita sudah mengetahui perbedaannya. Sederhananya, jika anda menggunakan komputer hanya untuk keperluan offline (jarang menggunakan internet) maka dengan hanya Anti Virus saja, komputer anda bisa "sedikit" lebih aman. Tetapi apabila komputer anda selalu terhubung dengan internet, maka anda "wajib" menggunakan internet security.

Terakhir, ada banyak software antivirus maupun internet security yang beredar. Ada yang berbayar teteapi ada pula versi gratis. Sebaiknya gunakan antivirus atau internet security yang berbayar, karena ada beberapa fitur penting yang tidak ada di versi gratisnya. Investasi untuk ini tidak lebih dari 300 ribuan untuk lisensi satu komputer dalam setahun. Tetapi biasanya vendor memberikan harga lebih murah jika kita membeli paket lisensi untuk lebih dari 3 komputer. Untuk pemakaian pribadi bisa disiasati dengan membeli antivirus/internet security  lisensi lebih dari 3 komputer dengan cara patungan dengan rekan anda yang membutuhkan. :-)

Jika anda memerlukan perawatan komputer secara rutin dari kami, silakan kunjungi link berikut http://mnicenter.com/maintenance-komputer-dan-IT-mod.3.html





Hubungi Kami

Telepon/SMS

0811-1010-456

Email

info@mnicenter.com

Total: komentar

 



HOME | SERVICES | MAINTENANCE | PRODUCT | BLOG | CONTACT
© 2016 MNICenter.com | we serve you since 2013